Ada Apa Dengan Viktor Bout?

Dua hari ini, traffic ke blog ini meningkat drastis. Hampir 1.000 hits dicatat selama Jumat-Sabtu ini. Ternyata hits terbanyak diraih dari kata kunci (keyword) “Viktor Bout” atau “Victor Bout”. Saya memang pernah menulis dua artikel selama dua hari berturut-turut pada 7 (klik di sini) dan 8 Januari 2009 tentangnya (baca kembali di sini). Walau sebenarnya artikel saya itu biasa-biasa saja, tapi rupanya menjadi rujukan bagi pembaca di luar negeri.

Apa yang membuat saya heran adalah, kebanyakan pengunjung datang melalui mesin pencari (search engine). Saya pun mencoba mengecek di google. Ternyata dengan berbagai varian kata kunci, saya tidak berhasil mendapati blog ini bertengger di nomor satu sehingga layak dikunjungi pencari data. Bahkan di halaman satu pun tidak. Hanya dengan katan kunci “viktor bout lifeschool” saja posting tersebut di atas bertengger di nomor satu.

Well, aji mumpung, saya pun mencoba memanfaatkan kata kunci yang terbukti ampuh ini. Seperti trik yang sering dipakai dalam SEO. Maka hari ini saya mencoba memberikan update mengenai nama tersebut. Ini sekaligus menjawab keheranan saya sendiri mengapa pengguna internet di luar negeri -terutama A.S. dan Rusia- begitu penasaran mencari referensi mengenai orang ini.

Ternyata, banyak yang penasaran tentang figure yang dijuluki “merchant of death” ini karena ada rencana ekstradisi warga negara Rusia ini ke Amerika Serikat. Selama ini, ia ditahan di Thailand karena memang ditangkap oleh aparat kepolisian di negara itu, atas kerjasama dengan Interpol dan FBI. Masalah menjadi pelik karena kejahatan yang dituduhkan kepadanya terjadi di berbagai negara atau trans-nasional. Maka menjadi masalah negara mana yang paling berhak mengadilinya. Belum lagi statusnya sebagai warga negara Rusia dimana pemerintah negara itu juga berkeinginan mendapatkannya untuk diadili di negerinya sendiri.

Namun di atas semuanya, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ia bisa begitu bebas memperdagangkan senjata di berbagai tempat. Senjatanya bukan cuma senjata perorangan saja seperti pistol atau senapan, tapi terutama senjata tempur termasuk peralatan tempur berat seperti tank, helikopter bahkan pesawat! Dahsyat kan? Wilayah operasinya terutama sekali di wilayah konflik dimana Amerika Serikat sedang menerjunkan pasukannya di sana. Sebutlah seperti Afghanistan dan Irak. Diduga, ia bukan hanya pedagang senjata besar, tapi juga punya hubungan kerjasama dengan agensi pemerintah termasuk dengan CIA. Pemerintah Rusia sendiri tegas menyebutkan bahwa Bout adalah agen negaranya dan memiliki peran penting, karena itu harus diekstradisi ke tanah airnya.

Yang jelas, apa pun perannya, sepertinya Bout punya kartu-kartu truf yang masih dia simpan. Hal itu tampak dari betapa tenang penampilannya saat dibawa ke penjara berkeamanan maksimum milik Thailand. Seakan ia tahu, kalau kartu-kartu truf yang dimiliknya dibuka, akan ada kegoncangan sebab sejumlah nama pejabat pemerintahan dan keamanan berbagai negara mungkin saja terlibat dalam bisnis milyaran dollarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s