Kembali Berjuang

Hari ini rasanya hampir seluruh kantor sudah masuk. Meski pegawai negeri dan sejumlah kantor swasta sudah ada yang mendahului hari Kamis (24/9) lalu, mengingat cuti bersama berlangsung dari tanggal 18-23 Desember 2009. Seperti biasa, sehabis libur panjang rasanya hati dan pikiran masih terbang ke mana-mana. Malah, ada yang nekat memperpanjang libur lebarannya terutama dari kalangan pegawai negeri. Kalau yang ini sih, sudah jelas melanggar aturan dan tentunya akan mendapatkan sanksi. Hanya saja, dari tahun ke tahun mungkin sanksinya kurang keras, sehingga pengulangan tindakan pelanggaran ini terus saja terjadi.

Tentu saja, kecuali bagi yang sudah masuk kuadran I atau Investor-nya Kiyosaki, maka kita masih harus kembali berjuang. Karena tentu saja hidup perlu biaya, dan biaya itu diperoleh dari bekerja. Baik itu bekerja pada orang lain, maupun bekerja mandiri seperti menjadi profesional atau wirausaha. Intinya, adalah bagaimana kita mengusahakan agar mendapatkan uang, tentu dengan cara halal.

Kembali bekerja apalagi bagi yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, berarti kembali menghadapi rutinitas yang menjemukan dan melelahkan. Dan itulah yang membuat kita seringkali merasa lelah dan mendambakan liburan lagi. Sayangnya, hal itu masih menjadi impian banyak orang.

Untuk itu, yang perlu diperkuat adalah motivasi diri sendiri. Kita harus mampu menumbuhkan semangat untuk berjuang itu dari dalam diri. Ada sejumlah cara yang dapat diterapkan agar kita kembali bersemangat untuk berjuang pasca liburan panjang, antara lain:

  • Menyadari bahwa bekerja adalah anugerah Tuhan yang indah, sebab banyak sekali orang yang masih belum bekerja atau tidak memiliki pekerjaan layak.
  • Senantiasa mengingat orang-orang yang kita cintai, seperti istri atau anak. Karena untuk memenuhi kebutuhan merekalah kita bekerja.
  • Menanamkan keinginan memperbaiki taraf kehidupan dengan berkarya sebaik mungkin, termasuk tidak membolos saat bekerja.
  • Merumuskan tujuan kehidupan yang jelas, sehingga dalam berjuang kita selalu fokus pada tujuan. Ingat, tujuan tiap pribadi berbeda. Ada yang merasa cukup dengan menerima gaji tiap bulan saja asal “dapur ngebul”, tapi ada yang ingin lebih. Rumuskan tujuan Anda sendiri.
  • Senantiasa belajar, belajar, dan belajar tanpa henti. Sebab belajar membuat kualitas kehidupan kita meningkat terus-menerus.

Jadi, selamat datang kembali dalam kehidupan sehari-hari. Dan… selamat berjuang!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s