Positive Thinking, Qona’ah, Istiqomah, Tawakal & Pasrah

Banyak orang belum mengerti arti ‘positive thinking’ atau ‘berpikir positif’ yang sesungguhnya. Sampai-sampai ada yang menasehati saya melalui komentarnya agar selalu ‘positive thinking’ saat saya komplain. Wah, lucu. Kalau positive thinking berarti diam saja saat hak kita dirampas, buat saya itu sama artinya dengan goblok!

Dalam agama Islam yang saya anut, ada tingkatan dalam cara penyikapan terhadap suatu keadaan. Yang pertama adalah qona’ah, yaitu menerima apa yang dianugerahkan ALLAH sebagai suatu kewajaran, baik itu positif maupun negatif. Secara etimologis artinya adalah “kepuasan hati” atau dapat diartikan secara arbitrer dengan “merasa cukup”. Namun saya kurang setuju jika diartikan sebagai ‘nrimo ing pandum’. Mengingat sebagai orang Jawa yang punya orangtua yang sangat Kejawen, arti istilah Jawa itu lebih dekat ke pasrah. Sementara dalam terminologi Islam ada satu istilah lagi yang mirip -sampai saya saja salah ingat- yaitu istiqomah yang secara harfiah berarti “tegak berdiri” atau “tidak bergeser” atau dengan kata lain konsisten. Para ulama mengkaitkannya dengan tetap berpegang teguh kepada aturan agama. Namun secara arbitrer kata “konsisten” dalam hidup secara luas bisa dipakai. Kemudian ada tawakal, yaitu memasrahkan hasil suatu ikhtiar atau usaha kepada ALLAH. Kita sering mendengar ungkapan: manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Itulah tawakal. Sementara dalam istilah kita, ada sebutan pasrah. Ini menurut saya adalah kondisi dimana kita tidak berdaya melakukan upaya apa pun atas suatu kejadian yang menimpa kita.

Jadi, urutan dalam bekerja atau berkarya adalah: niat-do’a-ikhtiar-tawakal-hasil-qona’ah-istiqomah. Kalau kita pasrah, biasanya kondisinya benar-benar di luar kemampuan kita atau malah malas berikhtiar. Apabila hak kita tidak dipenuhi orang lain, kita harus berikhtiar supaya dipenuhi, bukannya pasrah. Karena kita masih bisa menanyakan, meminta, bahkan menuntut kalau perlu.

Misalnya kita memesan makanan di restoran, dan minuman kita belum juga datang. Apakah kemudian kita pasrah bongkokan dan tidak protes, sementara kita sudah ‘keselek’? Apa kita lantas memilih minum air ledeng dari wastafel daripada menanyakan pesanan kita pada pelayan? Dan akhirnya nanti kita juga pasrah bongkokan membayar saja bon yang ditagihkan walau tercantum pesanan yang tidak kita makan atau minum? Jawabannya tentu tidak!

Karena itu, positive thinking bukan berarti membiarkan orang lain berlaku zalim kepada kita. Positive thinking adalah sikap mental yang mampu menarik pelajaran atau hikmah dari kejadian apa pun. Dari situ lantas kita jadikan pembelajaran untuk memperbaiki diri dan membuat kita makin maju di masa depan. Itulah gunanya berpikir positif: meraih kemajuan.

Semua kejadian yang terjadi pada manusia dan makhluk lain merupakan bagian dari rangkaian kejadian lain seperti diterangkan oleh teori “Butterfly Effect”. Kita seringkali juga tidak tahu makna suatu kejadian saat terjadi, sampai beberapa waktu berlalu dan kita akhirnya tahu ada efek dari kejadian itu. Bisa jadi suatu kejadian seolah positif, padahal negatif. Dan sebaliknya.

Jadi, jangan kacaukan pengertian ‘positive thinking’ dengan selalu menganggap semua kejadian itu luar biasa, gembira, hebat, bermakna dan semacamnya. Karena dalam hidup, faktanya memang ada kejadian biasa, sedih, busuk, hampa dan lainnya. Itu adalah hukum alam. Dalam Islam itu dikenal sebagai sunatullah. Bukankah ALLAH telah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan?

(Bhayu Mahendra H.; diposting di http://www.lifeschool.wordpress.com)

About these ads

4 responses to “Positive Thinking, Qona’ah, Istiqomah, Tawakal & Pasrah

  1. pak / mas terima kasih infox. mas mau nax bagaimana mas bisa di terima google adsense dan bagaimana bisa menaruhnya di blog indo. mohon pencerahannya mas. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s