Hak Tuhan

Apa hak Tuhan yang paling banyak diambil manusia? Barangkali Anda tidak menyadari, tapi itulah hak menghakimi dan menghukum. Sejak awal manusia ada, entah itu mengambil teorema Darwin atau percaya pada teori penciptaan agamis, sifat ini selalu ada. Manusia senang sekali menghakimi dan menghukum orang lain. Dan celakanya, kebanyakan dilakukan hanya karena perbedaan. Padahal, perbedaan adalah rahmat. Bayangkan saja kalau semua orang sama wajahnya, kan bingung membedakannya? Atau kalau mau konyol, bayangkan saja jari kita jempol semua. Halah!

Hari ini, menurut rencana ada kelompok masyarakat yang mau berdemo untuk mendesak pemerintah menghakimi dan menghukum kelompok yang lain.  Mereka meminta pemerintah bertindak tegas. Tegasnya itu seperti apa? Apa perlu inkuisisi segala seperti abad pertengahan?

Seringkali, manusia mengambil hak Tuhan itu tapi melupakan sifat Tuhan yang lain: “Maha Adil”. Inilah sifat Tuhan yang paling ditakuti para zuhud. Hingga para sufi senantiasa berdo’a: “Tuhan, mohon jangan kedepankan sifat adilmu, namun kedepankanlah ke-Maha Pemurahan-Mu”. Anda pasti tahu bukan maksud saya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s