Pungkas Tri Baruno

Siapa yang kenal pemuda 20 tahun ini? Dia bukan selebritis, bukan pula tokoh politik, cuma seorang anggota Pramuka. Kalau dia tidak meninggal Senen (7/7) kemarin, namanya tidak akan pernah masuk berita utama media massa. Padahal, ia dan rekan-rekannya tengah berjuang mengharumkan nama bangsa nun jauh di Alaska sana. Bersama rekan-rekannya di Tim Ekspedisi Tunas Indonesia yang diberangkatkan oleh Kwarnas Pramuka, ia sedang melakukan pendakian Mount McKinley ketika meninggal.
Penyebab kematian mahasiswa Universitas Mercu Buana itu belum jelas. Apakah karena cuaca buruk yang sedang melanda gunung berketinggian 20.320 kaki atau 6.194 meter dari permukaan laut itu, atau karena sebab lain. Yang jelas, jenazahnya yang berada di ketinggian 17.000 kaki belum bisa dievakuasi karena buruknya cuaca.
Pemerintah sudah berupaya memberikan bantuan dengan menyiapkan transportasi dan komunikasi langsung ke lokasi pendakian. Namun memang alam masih belum bisa diajak kompromi.
Kwarnas Pramuka dikabarkan akan mengusulkan penghargaan Lencana Darma Bakti bagi Pungkas dan anggota timnya. Hanya saja, bagi saya alangkah baiknya bila Kwarnas juga mempertimbangkan pemberian medali Pramuka Garuda yang setahu saya merupakan penghargaan tertinggi bagi anggota biasa Pramuka. Selain itu alangkah baiknya pula bila ada bantuan materi bagi keluarga yang ditinggalkan. Ini karena almarhum sudah ikut mengharumkan nama bangsa di salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia yang dikenal sebagai The Seven Summit itu.

2 responses to “Pungkas Tri Baruno

  1. Ass…Innalilahi WaInna Illahi Rojiun

    Pungkas seorang pemuda yang telah menyelamatkan nyawaqu…..Belum sempat kuucapkan rasa terimakasihqu….Allah telah memanggilmu….Mungkin semua adalah rencananya……Apa yang bisa kulakukan untuk membalas kebaikanmu….hanya 1 kali pertemuan yang slalu kuingat….semoga doa yang kupanjatkan setiap kali selesai menghadapnya mampu meringankan bebanmu disana……mampukah doaqu mempertemukan qta…..? dimimpi maupun disurga? Mungkin hanya baktiku pada keluargamu mampu membalas kebaikanmu…..Ya Allah kuhanya memohon bahagiakanlah dia diSisimu…..Amien…

    Rna….

  2. na2 pertama kali dengar brita dri k’Pung biasa aj, tpi bgitu ia hadir dlam mimpi na2, rasanya dket bgt sama k’Pung. Dan trnyata emg bner, tempat tinggal na2 gak jauh dri rmah k’Pung, na2 jg sring lwat kmpus UMB. Honest, sungguh menyayat hati ya? Pemuda sehebat, setegar, dan setangguh k’Pung sdah prgi mndahului … Y, itu smua krna Allah syg k’Pung, amin …
    nana jg brharap, na2 bsa ktemu k’Pung, krna na2 bangga akan k’Pung dan akan smua yg k’Pung lakuin. Slamat jalan k’Pung … kuharap kau tenang dsana … =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s