Friendster

Sebagai orang yang memiliki salah satu latar belakang pendidikan T.I., saya tidak menaruh curiga pada siapa pun di dunia maya. Namun ternyata sama saja, malah lebih parah, dunia maya penuh begundal tak bernama dan beridentitas. Apalagi kini menjamur yang namanya social community network di internet, dipelopori oleh Friendster.

Saya sendiri agak terlambat berpartisipasi, baru menyadari FS ada gunanya karena bisa membangun network dan bertemu teman-teman lama. Maka data yang ada pun saya isi selengkap-lengkapnya. Ternyata, itu jadi bumerang. Ada pihak-pihak yang menjadi lawan saya dan jelas tidak mengerti T.I. mencari profil saya. Anda pasti tahu, dengan kata kunci nama saya, cukup mudah mencari saya di google. Karena kebetulan saya pernah punya peranan kecil dalam reformasi 1998 lalu. Sehingga nama saya tercatat dalam sejarah walau bila mengutip Taufik Ismail, cuma di “catatan kaki sejarah” saja. Mudahnya mencari profil saya juga sebagiannya karena keaktifan saya di blog ini dan blog lain.

Namun sejak ada beberapa orang kerdil yang mencoba menteror saya, termasuk personel dari klien salah satu perusahaan saya, terpaksa saya menutup account FS saya menjadi private. Padahal, sebelumnya saya sangat terbuka pada siapa saja. Dan sejumlah data pun saya ubah. Walau begitu, saya tidak takut dan malah berencana membuat situs pribadi agar lawan-lawan saya yang kerdil tahu siapa yang mereka hadapi. (Duh Tuhan, maafkan kesombongan saya). Dengan situs pribadi saya bisa mengatur sendiri tingkat akses pengunjung dan menggunakan aneka program proteksi.

Untuk LifeLearner lain, berikut sedikit saran dari saya agar FS anda aman dan tidak dibajak:

  • Jangan menerima pinangan dari seseorang yang kredibilitasnya tidak valid. Lihat dulu profil orang yang meng-invite Anda. Tapi juga jangan paranoid, FS itu untuk cari teman baru juga kan?
  • Jangan cantumkan data-data Anda seperti mengisi formulir sekolah. Tidak perlu jujur di FS. Apalagi data-data yang biasa dipakai saat membuat rekening di bank.
  • Jangan meng-approve comment yang berisi hyperlink (link ke situs lain) atau berisi gambar yang tidak berhubungan. Bisa jadi isi comment itu adalah JavaScript yang disamarkan.
  • Sebaiknya tidak meng-approve comment dari yang tidak Anda kenal.
  • Ganti password secara periodik. Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir Anda.
  • Jangan lupa log-out terutama bila mengakses dari warnet.
  • Sebaiknya tidak mencantumkan hal-hal bersifat amat pribadi di FS (seperti nama pasangan, alamat rumah, nama kantor, atau nama anak)
  • Jangan link FS Anda dengan situs gratisan atau blog pribadi yang memuat data Anda lebih lengkap. Kecuali kalau situs Anda berbayar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s