Demo Peringati Tragedi Trisakti 1998

Hari ini, rencananya akan ada demo besar memperingati tragedi Trisakti Mei 1998. Seperti terekam dalam catatan sejarah, sepuluh tahun lalu di Jakarta dan kota-kota besar lainnya terjadi kerusuhan massal. Ini adalah kerusuhan massal terburuk sepanjang sejarah Indonesia karena sampai terjadi pembakaran gedung dan kota. Meski dari segi jumlah korban lebih sedikit daripada tragedi pemberontakan PKI 1965 dan epilognya yang konon mencapai 2 juta orang.

Malapetaka itu dimulai pada 12 Mei 1998 sore saat empat mahasiswa Universitas Trisakti tertembak aparat tak dikenal. Hingga kini misteri tragedi Trisakti belum juga terungkap jelas. Ini menyusul ketidakjelasan lain pada epilog Orde Baru. Meski untuk kasus orang hilang ada sejumlah anggota Kopassus yang tergabung dalam Tim Mawar telah dihukum oleh mahkamah militer, namun dalam kasus Trisakti justru sebaliknya.

Gedung DPR/MPR, Istana Negara, dan Kejaksaan Agung rencananya akan diserbu pendemo. Fokus dari demonstrasi selain memperingati Tragedi Mei 1998 adalah untuk memprotes rencana kenaikan BBM. Bagi pengguna jalan, bersiap-siaplah untuk macet. Saya akan menurunkan sejumlah tulisan menyambut Dasawarsa Reformasi ini. Kabari teman-teman yang lain ya agar mampir ke LifeSchool blog.🙂

One response to “Demo Peringati Tragedi Trisakti 1998

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s