Seleb Menang di Pilkada

Sudah dua selebritis memenangkan Pemilihan Kepala Daerah. Rano Karno kini sudah jadi Wakil Bupati Tangerang. Dan menurut quick count, Dede Yusuf yang bernama asli Yusuf Macan Effendi pun secara mengejutkan menang dalam Pilkada Jawa Barat. Dengan hasil itu, Dede Yusuf akan menjadi selebritis pertama yang menjadi Wakil Gubernur.

Yang lebih mengejutkan, pasangan Heryawan-Dede yang biasa disingkat Hade menang atas dua lawannya yang merupakan calon bertahan atau calon yang masih menjabat (incumbent). Ada Danny Setiawan yang sekarang masih Gubernur Jawa Barat dan Nu’man Abdul Hakim yang masih Wakil Gubernur Jawa Barat. Masing-masing berpasangan dengan Iwan Sulanjana dan Agum Gumelar.

Ada pengamat yang mengatakan fenomena itu karena kebosanan warga pada figur yang sedang memimpin. Bila ini benar, tentu semua pemimpin pemerintahan yang saat ini menjabat harus berhati-hati bila ingin maju lagi untuk kedua kalinya. Namun menurut hemat saya, pemilih di Indonesia masih belum rasional. Mereka seperti halnya konsumen pembeli produk, memiliki consumer behaviour yang emotional buying. Pemilih memilih calon karena faktor emosional, ilusi pada kedekatan dengan selebritis bersangkutan.

Dengan demikian, pemilih terjebak pada simulacrum-nya Baudrillard. Mereka berada di “dunia fantasi”nya sendiri. Di tengah berbagai problem kehidupan yang merebak, harapan pun beralih pada “tokoh fantasi” yaitu para selebritis. Tentu saja, dunia nyata dengan karakter yang pernah dimainkan para selebritis itu berbeda. Ini bukan berarti kemenangan itu jadi negatif, tergantung menyikapinya saja. Toh ada figur seperti Ronald Reagan dan Arnold Scwharzenegger di A.S. yang cukup sukses sebagai Presiden A.S. dan Gubernur California. Tapi ingat, ada juga figur Joseph Estrada yang karirnya terjungkal korupsi sebagai Presiden Filipina.

Nah, mau pilih contoh yang mana, tentu terserah saja. Cuma kalau fenomena ini berlanjut, bisa-bisa SBY pun memilih Sandra Dewi atau Delon sebagai Wapresnya kelak. Hehehe.

Iklan

2 responses to “Seleb Menang di Pilkada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s