Komunitas Pengusaha

Saya tergabung di sejumlah komunitas pengusaha, walau mereka umumnya lebih menyukai menyebut dirinya entrepreneur. Kemarin salah satu komunitas yang digawangi sebuah korporat besar mengadakan gathering di gedung yang bersebelahan dengan akan diadakannya upacara pembukaan JIFFEST (saya di Menara Cakrawala, JIFFEST di Djakarta Theater XXI). Sebagai orang awam udik yang kampungan, saya senang juga berpapasan dengan Riri Riza dan Mira Lesmana yang sudah datang sejak siang. Belum lagi melihat pemasangan karpet merah yang akhirnya terpaksa ditutupi plastik karena sempat hujan.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas soal JIFFEST, melainkan soal kelompok pengusaha muda ini. Sebenarnya, ada fenomena baru dari kelompok pengusaha ini, yaitu medium internet menyatukan mereka. Dan deng0an sok tahu, saya coba mendeskripsikan mereka:

  •  HIPMI: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Jujur saja, saya tidak tahu banyak soal HIPMI selain mereka inilah jagoannya bisnis Indonesia di zaman Orde Baru (lucunya: tidak ada Himpunan Pengusaha Tua Indonesia. Tentu saja, semua ingin tetap muda bukan?). Tapi menurut rekan saya yang anggota HIPMI Jawa Barat, saat ini pun HIPMI masih banyak anggotanya. Cuma sepertinya anggotanya banyak yang bergerak di bidang konstruksi, properti dan ekspor-impor serta skala omset bisnisnya sudah di atas 20 milyar per bulan. Meski begitu, kantor pusatnya di kawasan Mampang justru sangat sederhana untuk ukuran komunitas orang-orang besar itu.

  • Entrepreneur University, sering menyingkat dirinya EU, mungkin biar mirip European Union J.  Digawangi oleh Purdi E.Chandra yang memiliki jaringan bimbingan belajar Primagama, rasanya inilah komunitas pengusaha yang secara rutin mengadakan ‘sekolah pengusaha’. Bisnis anggotanya sangat variatif.

Selain yang berbasis dunia nyata, justru kini banyak yang awalnya dimulai di mailing list dengan memanfaatkan ‘kebaikan’ oom yahoogroups.

  • Tangan Di Atas: Owner-nya Bapak Badroni Yuzirman. Ini adalah milis entrepreneurship paling awal di Indonesia, juga paling sering masuk media. Menurut Bapak Badroni sendiri, hal itu bisa terjadi karena banyak jurnalis termasuk para pemimpin redaksi media keuangan dan wirausaha adalah anggota TDA. Sekarang milis ini bahkan punya ‘kecabangan’ sesuai dengan minat dan bisnis anggotanya, ada IT, makanan, dsb. Keanggotaannya tertutup dan hanya atas rekomendasi, jadi saat Anda search di google tidak akan ketemu, paling2 nyasar ke milis2 ‘kecabangannya’. Anda harus kenal secara fisik dengan salah satu anggota TDA baru bisa direkomendasikan masuk. Sangat aktif, mungkin milis pengusaha teraktif dan sering sekali mengadakan kegiatan sosial.

  • The PROFEC: Professional and Entrepreneur Club. Owner-nya adalah Ibu Lies Sudianti, mantan manajer di sebuah perusahaan mobil dari Jepang. Saat memulai milis ini ia masih bekerja, sehingga di milis ini bergabung aneka ragam profesi anggota dengan aneka motivasi pula. Yang khas dari milis ini adalah banyaknya motivator, trainer dan penulis terutama penulis buku motivasi yang bergabung. Gathering yang diadakan pun kebanyakan diisi teman-teman lama owner dan para motivator yang rupanya sudah saling kenal.

  • IYE!: Indonesian Young Entrepreneurship. Milis ini unik karena merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Wiloto Corporation. Ini merupakan perusahaan Public Relation Indonesia yang punya cabang di Singapura dan Hongkong. Di dalam IYE! banyak bergabung orang-orang besar seperti direktur bank, BUMN, selebriti yang beberapa juga pengusaha, dan pemilik berbagai bisnis besar. Gatheringnya selalu menarik dan hidup karena dihadiri orang-orang dengan semangat work hard, play hard dan senang menjalin networking baru.

  • Smartpreneur: Milis yang berbasis di Yogyakarta. Salah satu penjaga gawangnya adalah Hadiyanto. Mereka unik karena gayanya sangat egaliter. Banyak yang masih muda, sekitar dua puluhan dan berbisnis apa saja: sablon, percetakan, batik, kaos, makanan, dan macam-macam lagi. Sering sekali mengadakan gathering dan sharing dengan biaya tiket yang buat orang Jakarta mungkin terasa amat murah.

Nah, menilik kesuksesan para penggiat milis, saya pun berupaya mempelopori milis baru, yaitu:

usahawan-indonesia: Baru diaktifkan beberapa bulan lalu dan masih sangat baru. Semangatnya ingin berbagi ilmu dan kemandirian melalui perhitungan cermat. Tidak perlu takut jadi pengusaha namun jangan nekat, itulah yang ingin saya tularkan. Untuk bergabung kirim e-mail kosong ke usahawan-indonesia-subscribe@yahogroups.com.

90 responses to “Komunitas Pengusaha

  1. Assalamu ‘alaikum,

    Wah, ini dia.. kalo untuk berbagi pengalaman di dunia bisnis alias dunia dagang ane setuju banget, kita kan bisa banyak belajar walau memang sulit jadi usahawan… Lagian kayak ane yg pekerja gini kan bisa jadi bekal ilmu buat coba merintis usaha…Cape..deh kerja sama orang terus… Thank’s mas Bhayu, maju terus ane dukung..

    Wassalamu ‘alaikum,
    Yogi

    • Assalamualaikum
      Permisi sy cuma mau menginformasikan siapa tau ada yang butuh ni untuk meng”upgrade” ilmu di bidang manajemen bisnis, saya menginformasikan bagi siap saja yang tertarik untuk mengikuti training PMP (Project Management Profesional) bersertifikasi internasional (23 Des-27Des 2013). Untuk info lebih lanjut silahkan visit http://www.enetwoq.com

  2. Salam Sejahtera,

    Saya menawarkan sebuah Peluang Usaha untuk rekan-rekan semua, khususnya para mahasiswa yang masih aktif di kampus.
    “Ultimate Golden Wings” adalah Lembaga Bimbingan Soft Skill & Test Masuk BUMN, PMDN & PMA.
    Sifatnya sangat unik.
    Silahkan pelajari di : http://www.bumn.blogspot.com.
    Bagi Anda yang mempunyai modal terbatas, bisa mencoba peluang usaha ini.

  3. wah mau bgt tuh ….! saya sebagai pemain baru di enterpreneur bth bgt ide2 segar dr enterpreneur2 senior. dan motivasi2 yg bkn sy selalu optimis dan bersemangat. saya dukung sepenuhnya. semangat buat mas Bhayu !!!

  4. dear all,,
    saya juga kebetulan sedang merintis Konsultan Arsitek, Design and Build
    semoga kita semua dapat maju sukses bersama,,

    Yudha
    0856 912 90 912

  5. Assalamu’alaikum
    Success for all dan salam kenal, saat ini saya masih jadi kuli disebuah perusahaan +- dengan istilah berapa “P” gitu skr blm punya usaha, ingin punya usaha sendiri seperti teman2 yang lain . Ngomong2 sudah ada yang buat usaha special tambal jalan berlubang dengan pengerjaan express kualitas bagus dijamin. supaya aktifitas pengguna jalan bisa tetap lancar (ide). (menerima saran dan motivasi). Thank’s saM Bayu.
    Wassalamu’alikum

    Agus

  6. Dear All Entrepreneur,
    Tidak mudah untuk jadi Pengusaha, namun jika kita tidak mencobanya kapan kita akan bisa! Ayo bangkit para pengusaha indonesia! Bagi orang awam, ibu rumah tangga, pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya, sarjana, mahasiswa dan lulusan SMA/SMK di seantero nusantara yang ingin menjadi pengusaha sesungguhnya, jangan duduk diam mendengarkan orang berbicara tapi take an action!! melalui program THE RE-ACT ! (The Real Entrepreneur Action !) dari SWASTIKA PRIMA Entrepreneur Campus. rekan-rekan semua bisa download di site ini. http://www.4shared.com/file/61001423/25687cc7/THE_REACT_NEW_.html

    Salam Luar Biasa Prima!

  7. Semoga Bangsa kita tercinta ini cepet keluar dari masalah pengangguran,kemiskinan dll dengan tumbuhnya kesadaran entrepreneurship… dan smoga mailing list ini memberi peran yang besar
    Wassalamualaikum…

  8. Salam,

    Saya pernah menterjemahkan beberapa buku dari beberapa perusahaan kayu besar Indonesia. Buku tersebut tentang Oven Kering (Dry Kiln) dan topik perkayuan terkait, semisal jadual pengeringan kayu ASEAN, dan Kiln Operating Handbook karya Larry L. Culpepper dari Canada. Ada lebih dari 600 halaman yang saya pecah ke dalam 10 file. Bagi yang berminat silahkan email ke: lounge_3773@yahoo.com saya akan email softcopy-nya dan silahkan mengganti biaya email seiklasnya jika bersedia😉 yang penting buku2 tersebut semoga bisa menjadi tambahan wacana usaha di Indonesia.

    Regards,
    Arief Dermawan

  9. Salam kenal ,,,Semuanya

    Sy senang bs bergabung disini ,,krn saya tau saat bergabung di komunitas ini sy bs dapet temen & juga Ilmu bagaimana spy sukses n berhasil..C U

  10. Mari kita ciptakan lapangan kerja dgn entrepreuner…
    Mohon informansinya dari rekan-rekan mengenai komunitas pengusaha….
    Trima kasih…
    Salam sukses bagi kita semua….

  11. setuju banget deh, tukar pengalaman, ntar yang belum jadi pengusaha akan termotivasi teruuuus and jadi pengusaha sukses, gitu kan …. ? kata orang sih, Pengalaman adalah guru yang baik, ayo… yang tukerin tuh kamu punya pengalaman… trim ya …

  12. Halii

    salam kenal

    saya baru di dunia ini, namun sgt berminat dan sudah mulai merintis di bidang ekspedisi laut …

    komunitas yang menarik nih

    thaks

    • salam kenal juga dr saya., sy jg membuka jasa ekspedisi laut., mungkin ada baiknya jg kita saling bersinergi sesama muslim..,
      Trims.

  13. assalamualaikum,
    salam kenal. sy jg sedang merintis bisnis sbg reseller CD tutorial dan software bisnis original.
    JG ingin merintis jg di bisang software developer.
    Senang berkenalan dgn sesama perintis usaha🙂

  14. ass wr wb

    selamat atas dibukanya millis baru usahawan-indonesia semoga dapat menjadi tempat sharing bagi pengusaha2 yg dah ada juga sekaligus calon pengusaha agar lebih berani terjen ke dua enterpreneur.

  15. Enak Juga nie, Belajar jadi Pengusaha sukses, dan bisa belajar menjalin kerjasama yang baik dengan karyawan kalau sudah sukses

  16. waduh, ternyata udah terlambat gabung ni..setuju banget dg komunitas ini, biar negara kita jg bisa menjadi negara yang mandiri..dengan melahirkan enterpenuer sejati.salam

  17. Saya sedang membuka usaha Sajadah khusus anak-anak dengan design yg unik n menarik. sajadah bisa dilipat menjadi tas kecil sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana. Saya mencari agen untuk luar kota dengan KOMISI yang sangat menarik. bagi yang berminat silahkan kunjungi : pinkyscollection.blogspot.com

  18. Waduuh……boleh dong saya dibantu dengan memberikan informasi tentang bisnis yang sederhana dan tidak perlu modal besar (no MLM, no bisnis online,etc).
    Saya ingin sekali menjalin hubungan usaha dengan rekan-rekan yang mau mencoba membuka jaringan usaha dikota saya Batam.
    Pls we make a good relationship. Send email to: hr-hmb@hymold.biz or bestmanjp@gmail.com

  19. saya senang sekali kalo bisa gabung di komunitas ini untuk menambah wawasan,,,,,,,saya sedang aktif di dunia network marketing,,,,,,yaitu usaha air oxy,,,,,bagi teman2 yang ingin tahu dan mau menjalankan usaha ini bisa hubungi saya di

    ajie : 021 33869567
    thanks ya semuanya.

  20. sekarang jiwa entrepreneur memang harus ditingkatkan
    sekaran sudah tidak jaman lagi cari pekerjaan tapi harus buat pekerjaan.
    kebetulan di bandung ada sekolah bisnis gratis bagi semua kalangan, yan rencana bulan okteober mendatang akan dibuka pendaftaran baru.
    bagi yang berminat bergabung untuk belajar menjadi bisnis man/woman
    silahkan hub saya
    salam entrepreneur

  21. Diera sekarang kita (para pelaku usaha) harus lebih sering bertukar fikiran untuk membahas masalah-masalah bisnis OK ,ayo semangatlah

  22. SALAM LUARR BIASAA… Saya baru pertama gabung dalam komunitas seperti ini, so kakak-kakakku sekalian mohon bantuannya ya…:-) Saya ingin dapat info tentang entrepreneur, kebetulan saya sudah buka satu Ruko dan berniat sebagai distributor Pulsa…mohon bantuan,:-) Mohon doa dan nasihatnya, trima kasih… Piter(21th)

  23. ass mlkm..
    aku suka dengan komunitas para pengusaha..tolong donk aku mau gabung dengan pengusaha indonesia,aku mau belajar banyak nih..terimakasih

  24. Kami menyediakan kain tahan api buatan Indonesia ( bahan dasar baju tahan api) untuk keperluan oil, gas & mining industri. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami. Salam, IFRtex – Indonesia Flame Retardant Textile

  25. mikum…….sy pengusaha muda yang berbisnis seperti pak wan muhamad hasim….seneng banget ada komunitas pengusaha kaya gini jadi bisa share semua tentang usaha.meskipun udah masuk siswa EU..makin banyak temen kan makin banyak rezeki + panjang umur,amien

  26. Assalamualaikum,
    Saya sedang menggeluti usaha jasa konsultan teknik,
    yang meliputi bidang jasa sebagai berikut :
    1. Konsultan Survey Topografi
    Untuk pembuatan peta topografi atau pun pekerjaan Stake out atau setting site plan atau blok plan.
    2. Konsultan Quantity Survey
    Untuk pekerjaan survey quantitas dan pembuatan budget proyek, kontrol pelaksanaan proyek dll
    3. Konsultan Struktur
    Untuk perencanaan bangunan2 dan infrastruktur serta pengawasan dalam pelaksanaannya.

    Jika ada diantara saudaraku yang membutuhkan jasa tersebut di atas mohon hubungi saya di 081310252562 atau email niswardoyo@yahoo.com.
    Jazakallahu khoiran katsiro

    Wassalam

  27. Assalamualaikum,
    Saya sedang menggeluti usaha jasa Software & IT,
    yang meliputi bidang jasa sebagai berikut :

    1. Pembuatan Software Aplikasi
    Dengan merancang dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis anda, maka anda dapat mengumpulkan dan mengolah data secara efektif sehingga bisa membantu dalam mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat.

    2. Outsource IT
    • Menyediakan tenaga kerja (staff IT)
    • meningkatkan performa komputer
    • merancang dan memelihara jaringan
    • meningkatkan keamanan sistem komputer anda
    • mengantisipasi sistem anda dari serangan virus
    • memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan infrastruktur teknologi perusahaan.

    3. Penjualan Hardware
    Oleh karena itu kami juga menyediakan perangkat keras (hardware) komputer seperti
    server, workstation dan networking dari rakitan yang berkualitas maupun berbagai macam
    merek yang terkenal.

    Jazakallahu khoiran katsiro

    Wassalam

    • Well… promosi nih yee. Mustinya saya tarik bayaran nih. Tapi nggak papa, cuma link-nya saya hapus ya. Blog ini tidak boleh untuk promosi. Sori.

  28. Hi. good info on MLM Leads. I found your pleasant blog while exploring yahoo. For the last few days I have been trying to find more. Especially anything to do with the actual lead generation or companies making them. I’ve seen it all and my sister keeps forcing her recent lead system craze on me. So I’m glad I found you. All the best!

  29. Assalamualaikum wr.wb. Alhamdulillah Allah telah menemukan komunitas ini kepada saya.

    Sebelumnya perkenankan saya mengenalkan jati diri saya.

    Saya seorang ibu rumah tangga yang sangat tertarik dengan dunia pendidikan. Latar belakang pendidikan sarjana matematika.

    Saya tidak puas dengan pengajaran matematika yang ada pada sekolah-sekolah pada umumnya.

    Bagi kebanyakan anak-anak, matematika itu seperti makanan tak enak yang dijejali ke mulutnya, mereka sudah mual dan muntah, namun makanan itu tetap aja dipaksa masuk ke mulutnya.

    Saya ingin matematika dianggap jadi makanan enak, empuk dan membuat ketagihan bagi anak-anak.

    Akhir-akhir ini, saya mengembangkan program matematika yang sangat kreatif dan bermanfaat bagi anak-anak. yah….saya memberanikan diri manjadi pengusaha.

    Bulan Agustus 2009, saya mencoba membuka bisnis bimbel khusus matematika. Saya beri nama “Sanggar Belajar Matematika”. Produk unggulan kami berupa: Aritmatika Jari, Math Galileo, Bimbel SD-SMA, dan yang terakhir mau rilis adalah Terapi Kali & Bagi.

    Alhamdulillah belum sampai 1 th, kami dapat berkembang sepesat ini. Sekarang sudah ada kerjasama di 7 sekolah di kota depok untuk mengadakan program aritmatika jari goes to school.

    Saya akan terus berinovasi dan mencintai dunia ini.

    Saya sadar sepenuhnya, bahwa saya juga terbatas. Saya masih harus banyak belajar dan diarahkan. Saya juga punya impian ingin membesarkan bisnis ini. Untuk itu saya mohon petunjuk & kerjasamanya dari teman-teman pengusaha .

    salam saya
    silvana syah

    • Alhamdulillah. Selamat Bu Silvana atas bimbel khusus matematika-nya yang maju pesat. Semoga terus qona’ah dan istiqomah ya Bu dalam perjuangan entrepreneurship yang tidak mudah.

      Btw, LifeSchool ini blog pribadi Bu. Hanya saja dalam salah 1 tulisan saya memang membahas mengenai Komunitas Pengusaha. Kalau Ibu berkeinginan berinteraksi, langsung saja mengkontak moderator mailing-list bersangkutan.
      Bagaimanapun terima kasih sudah berkunjung🙂

      Sukses, demi Indonesia Raya!

      Bhayu M.H.

  30. Ass.
    Perkenalkan nama diri saya toriq, saya sedang belajar bagaimana untuk menjadi enterpreneur..
    Kalau boleh bertanya bagi para pengusaha yang sudah biasa maen expor impor, gmana ya caranya untuk mengurus expor barang dari negara lain? dan kira2 bisa tanya informasi mengenai expedisi yang murah untuk sarana transportasinya..thanks

  31. Hai….teman-teman pengusaha, kebetulan saya bergerak dibidang property di Bali, apabila ada yang berkenan dengan property di bali dan mau investasi segera hubungi saya, saya akan memandu anda untuk menemukan property yang sesuai dengan apa yang anda harapkan. Investasi atau kepemilikan property di Bali tidak akan pernah mengecewakan.
    Salam persaudaraan buat kita semua…..

    Thx buat admin

  32. ass..wr wb
    perkenalkan nama saya firdaus elrumy, saya seorang karyawan swasta, saya kepengen usaha apa aja biar ga makan gaji… tolong donk sarannya untuk saya…thnks

  33. Ass. Wr. Wb.,

    Saya hanya ingin berbagi dengan kawan2x apabila, kawan2x ingin berwiraswasta ada beberapa cara :

    1. Kenali diri anda sendiri
    2. Kuasai LOGIKA
    3. Jangan pernah menyekutukan ALLAH SWT.
    4. Kendalikan Nafsu / Emosi
    5. Bersikaplah sebagaimana seorang Muslim

    Insya Allah kita akan diberi Kekayaan Dunia yang sebenarnya.
    Karena sebenarnya apa yg kita perbuat Insya Allah adalah kemauan ALLAH SWT.

  34. Berbagi itu indah…apalagi berbagi ilmu…Para Pemuda berkarya lewat bisnisnya masing2, bersatu dengan yg lain, bersinergi, saling membantu,…menuju Indonesia Jaya…Bravo…

  35. Mohon masukan Pak….
    Saya bekerja di bidang kuliner yg brtjuan diwaralabakan,saya dipercaya untuk mengelola tapi karena masih awam,saya bingung untuk mengembangkan…usaha ini udah berjalan 1 tahun…
    kalo boleh tau,di Palembang udah ada komunitas untuk para pengusaha restoran tidak,Pak?saya dipercaya untuk mengelola tapi karena masih awam,saya bingung untuk mengembangkan…usaha ini udah berjalan 1 tahun…
    kalo boleh tau,di Palembang udah ada komunitas untuk para pengusaha restoran tidak,Pak?

    • Terus terang saya tidak tahu kalau khusus pengusaha restoran. Namun bukankah ada PHRI (Persatuan Hotel & Restoran Indonesia). Utk infonya bisa coba hubungi: SEKRETARIAT: BPP PHRI
      Gedung Citylofts Unit 1818-Jl. K.H Mas Mansyur No. 121 Jakarta Telp: 62-21-25558980 Fax: 62-21-25558980

  36. saya hdp sendiri di jkt ini,menanggung biaya hdp dan study sendiri..tolong dong usaha apa yg cocok buat anak rantau sepertii saya..trm ksh
    trisna

  37. salam pengusaha…moga makin banyak aja jumlahnya shg kita bisa segera menyusul kejayaan singapura dan china. kenalkan : saya BURHAN, SPESIALISASI SAYA ADALAH SEBAGAI PENGHUBUNG / JEMBATAN / SARANA / FASILITATOR antara produsen dan agen besar… khususnya produk kertas bungkus, koran retur, produk plastik, dan sebagian jenis sembako. Bagi teman2 yang punya banyak stok produk tersebut dan kesulitan memasarkannya segera hubungi aq di 085648139945. moga jadi simbiosis mutualis en berkah. amiiin. tak tunggu ya….?

    • OK. Meski ini hard selling, tapi karena jasa perseorangan maka diloloskan dari moderasi. Catatan saja, saya tidak bertanggungjawab atas apapun transaksi yang terjadi. Tapi kalau berhasil, boleh dong dibagi-bagi… hehe

  38. kang bayu,,saya udah kirim email kosong buat daftar & ikutan milist usahawan-indonesia.. selanjutnya ada konfirmasi email lagi ga? mohon infonya.. thanks

  39. We absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be just what I’m looking
    for. Do you offer guest writers to write content
    available for you? I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a few of the subjects you write regarding here. Again, awesome website!

  40. Howdy! I just would like to give an enormous thumbs up for the
    nice information you might have right here on this post.
    I will probably be coming back to your blog for more soon.

  41. Slam kenal,nama saya andreas chandra,saya tinggal dibandung,saya mempunyai proposal usaha menjanjikan yaitu usaha tepung bulu ayam,yang butuh pendanaan,yang saya tawarkan adalah sistem bagi hasil 70% untuk investor dan 30% untuk saya,seandainya berminat dapat menghubungi saya di no 081803665999.atas kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih

    • Silahkan bila ada LifeLearner yang minat. Namun, pemilik blog ini -seperti dituliskan di Disclaimer- tidak tahu-menahu pada segala hal yang terjadi akibat kontak yang terjadi di dunia nyata.

  42. Ping-balik: Permasalahan di UMK | LifeSchool by Bhayu M.H.·

  43. Salam Kenal. Sy Rosa. Sy baru merintis usaha travel organizer untuk tujuan ke Yogyakarta. Apabila dari rekan2 yg memiliki usaha yg berhub bs utk sharingnya ato ada rekan yg ingin wisata ke yogyakarta bs menghub sy jg di 0818637049, email: rosa_m_rini@yahoo.com. Sy tertarik utk bergabung pd komunitas ini. Thanks.

  44. Ass,,sy irt yg tdk punya kegiatan,,sy tertarik untuk mengikuti komunitas usahawan,,supaya sy bsa memulai usaha dgn berbgai sharing dr rekan,,trs terang sy lom ada kemampuan tp sy sdh ada kemauan cm belim tau jlnnya,mohon bimbingannya,,,bgm cr gabung dan ikut mentoring d komunitas ini,,mhon blasannya,,makasih,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s