Belajar Berbisnis

Seorang sahabat saya, Christovita Wiloto -CEO Power PR dan Strategic Indonesia-, menganalogikan belajar berbisnis itu seperti belajar berenang. “Harus nyemplung!” begitu tegasnya. Memang, salah satu perbedaan antara teori dengan praktek ya ‘nyemplung’-nya itu. Belajar berenang cuma dengan membaca buku ya jelas tidak akan pernah bisa berenang.

Demikian pula dengan berbisnis. Menghadiri seminar motivasi, berguru pada mentor hebat, atau membaca buku biografi pebisnis sukses tidak akan membuat bisnis kita jalan. Apa yang membuat jalan? Ya berbisnis itu sendiri. Do something! Action!

Membuat “business plan” saja tidak akan membuat bisnis kita running. Apalagi kalau cuma ikut kursusnya. Terus-terang saya sendiri agak heran karena untuk urusan bisnis ini banyak “teoritikus” daripada “praktisi” yang sering bicara di seminar atau pelatihan. Saya beberapa kali memergoki pelatih (trainer) soal bisnis yang justru belum memiliki bisnis sendiri. Ini ibarat pelatih renang yang justru belum pernah berenang. Aneh kan?

Ada fakta menyedihkan dari berbisnis. Meski ada pengalaman pebisnis lain (biasanya sudah sukses) yang bisa kita pelajari, namun biasanya problem yang dihadapi khas. Artinya, kita harus “mentok” sendiri dan mengalami berbagai masalah dalam bisnis, barulah kita bisa belajar dari pengalaman itu.

Seperti pernah saya tulis berkali-kali, kalau kita memiliki modal terutama kapital yang besar, tentu kasus “kelelep” atau “nyaris tenggelam” seperti saat belajar berenang lebih minim kita hadapi. Itu karena kita mampu ‘membayar lebih’ agar tidak kena ‘getah’ dari ‘nangka’ yang kita makan. Namun bila tidak, kita harus mengalami jatuh-bangun sendiri agar tahu ‘rasa’-nya.

Pengalaman saya sendiri, justru kalau sudah tahu ‘rasa’-nya, saat bangun lagi itu lebih nikmat. Kalau sudah tahu rasanya sakit, kita akan menghargai sehat. Bukan begitu?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s