Soeharto, Soekarno & Dunia Mistis

Hari ini adalah hari kelahiran Soeharto. Cuma berbeda 2 hari dari Soekarno. Bedanya tahun kelahiran Soekarno 1901, Soeharto 1921. Dulu di masa Orde Baru ada ‘ramalan’ yang menyatakan kalau Presiden berikutnya akan lahir tahun 1941. Tapi nyatanya, B.J. Habibie lahir 1936, meski masih di bulan Juni yaitu 25 Juni. Gus Dur alias Abdurrahman Wahid meleset satu tahun, yaitu tahun 1940, sementara bulannya malah jadi September, tepatnya tanggal 7 September. Megawati Soekarnoputri lahir 23 Januari 1947. Sementara SBY kita tahu penuh angka mistis “9”, yaitu 9 September 1949. Artinya, tidak ada satu pun yang lahir tahun 1941. Meski memang, generasi yang muncul adalah generasi 20-an tahun setelahnya.

Entah mengapa, meski mengaku rasional, bangsa kita sangat senang pada dunia mistis atau gaib.Banyak paranormal terutama dari Jawa meyakini kalau pulau Jawa adalah “paku dunia”. Tak heran raja-raja Jawa bergelar hebat: “Pakubumi”, “Mangkubumi”, atau “Hamengkubuwono”. Pulau Jawa diyakini adalah sentral planet ini. Apabila mencari pembenaran, buku karya Prof. Arysio Satos dari Brazil berjudul The Lost Continent Finally Found,The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization (2005) yang baru diterjemahkan ke bahasa Indonesia mungkin bisa membuat kita berbungah. Menurutnya, letak Atlantis -benua hilang yang diyakini berperadaban sangat maju dan disebut Plato sebagai “induk segala peradaban” adalah di selat Sunda yang memisahkan pulau Jawa dan Sumatra. Itu berarti bangsa kita lebih tua daripada Yunani yang merupakan tanah kelahiran filsafat, induk segala ilmu pengetahuan.

Meski berdasarkan penelitian ilmiah, buku Prof. Arysio pun masih bisa disebut mistis karena banyak hal yang diklaim dalam bukunya sulit dibuktikan secara ilmiah. Bukti-bukti arkeologis dan geologisnya kurang. Banyak yang berdasarkan asumsi deduktif dan penalaran logika semata. Toh walau begitu, bukti bahwa bangsa yang mendiami kepulauan nusantara ini bangsa tua cukup banyak, meski belum tentu itu Altantis. Dan karena itu pula barangkali banyak di antara kita percaya pada hal-hal mistis atau gaib lebih daripada bangsa-bangsa lain.

Meski ini zaman teknologi tinggi, profesi yang berhubungan dengan dunia itu tak mati. Bahkan bersalin rupa menjadi lebih modern. Perkataan mereka seringkali didengarkan bak sabda Nabi saja.

Dalam hal pemimpin bangsa demikian pula. Kerapkali kejadian-kejadian di pentas nasional dihubungkan dengan dunia mistis. Misalnya Soeharto disebut kehilangan “Wahyu Makuto Romo” atau “Wahyu Keprabon” saat Siti Hartinah atau Ibu Tien wafat pada 28 April 1996. Sehingga saat Soeharto lengser keprabon 2 tahun kemudian, dianggap menggenapi ramalan mistis itu. Bahkan hitung-hitungan tanggal lahir saja dibuat sedemikian rupa.

Satu yang jelas, saat ramalan salah, si peramal biasanya diam seribu bahasa. Sementara saat ada yang seolah benar seperti barusan -padahal relasinya sebenarnya tak jelas-, maka akan segera berkoar-koar. Padahal, derajat antara yang salah dengan yang benar mungkin 1.000 : 1 atau malah lebih. Maka, seringkali ramalan mistis dibuat bersayap kata-katanya, agar orang bingung maknanya.

Padahal, menjadi pemimpin tidak cukup menguasai faktor mistis -andaikata ada- belaka. Kita pernah punya presiden yang begitu percaya pada ‘bisikan’ semacam ini kan? Tapi juga faktor-faktor yang sangat non-mistis. Seperti kemampuan kepemimpinan, pengaturan, hingga tata negara yang baik. Jadi pemimpin negara tidak cuma karena ‘wahyu keprabon’ saja, tapi lebih dikarenakan kemampuannya mengoptimalkan segala potensi diri untuk meraih kepercayaan orang lain sebanyak mungkin. Jadi, meski diturunkan dengan cara yang tidak damai, Soeharto telah membuktikan mampu menjadi pemimpin negara ini selama 32 tahun. Dan di hari lahirnya ini, kita mengingat kembali segala kelebihannya untuk kita teladani, seraya menghindari segala kesalahan yang pernah dilakukannya. Semua agar bangsa ini kembali menjadi jaya. Sehingga kita tak malu mengklaim diri sebagai “Pewaris Atlantis!”

About these ads

3 responses to “Soeharto, Soekarno & Dunia Mistis

  1. Ping-balik: Soeharto, Soekarno & Dunia Mistis « History Education·

  2. Ping-balik: Ulang Tahun Pak Harto & Bung Karno « LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s